Jumat, 18 September 2015

Pangandaran di hantam Tsunami "06




                                                                                                                                                             i                                                                                                                                                                     Pangandaran, jam 16.15 tanggal 17 July 2006 ; terdengar suara menggelegar dari arah laut , seperti suara bom yang menggelegar , tak selang satu menit kemudian air laut  air laut masuk menerjang apa saja yang dilewatinya.(sepertMenurut catatan 432 warga meninggal dan 32 orlng lain nya dinyatakan hilang,ribuan rumah earga rusak, puluhan ribu jiwa penduduk terpaksa tinggal di pengungsian sampai berbulan-bulan.

Sekarang tahun 2015 pasca  Tsunami, Pangandaran menggeliat, bahkan nama Pangandaran sekarang sudah menjadi daerah Otonomi tersendiri. memisahkan dengan wilayah kabupaten DT  tingkat II Ciamis.  Hotel-hotel berdiri dengan megah nya. wisatawan berduyun -duyun datang ke Pangandaran baik wisatawan domestik  atau tamu asing.



Tsunami , berasal dari bahasa Jepang , asal kata dari tsu = pelabuhan  dan nami - gelombang,secara harfiah berarti  "ombaj besar di pelabuhan". adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahn permukaan laut secara vertical dengan tiba-tiba  Perubahan permukaaan laut tersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut, letusan gunung berapi di bawah laut, longsong bawah laut atau hantaman meteor di laut.  Gelombang tsunami dapat merambat ke segala arah. Hantaman gelombang tsunami bisa masuk hingga puluhan kilometer dari bibir pantai. Kerusakan dan korban jiwa yang terjadi karena tsunami bisa di akibatkan karena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran air gelombang tsunami.  

Ilustrasi Photo Tsunami;




                                                                    

Early Warning Sistem (EWS)  sekarang sudah di pasang di Pangandaran, piranti tersebut bukan hanya di fungsikan  saat terjadi gempa saja akan tetapi dapat dipergnakan  untuk meningkatkat kesigapan masyarakat pesisir apabila Tsunami datang.  Tapi entah EWS tersbut pada waktu tahun 2011 sdh tdk berfungsi lagi , apakah sekarang sudah di perbaiki.oleh pejabat yang menangani hal itu.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar